Retyan Computer Pekanbaru - APTIKNAS Riau

  • Penjualan komputer serta peralatan TI resmi dan bergaransi di Pekanbaru.
  • Terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik Kementerian Kominfo RI.
  • Penyedia Perangkat Komputer untuk Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah melalui sistem eCatalogue dan ePurchasing LKPP.
  • Sevice center resmi Lenovo dan Fujitsu.
  • Tempat Uji Kompetensi Komputer Sertifikasi BNSP di provinsi Riau.

LCD PROYEKTOR, MEDIA ALTERNATIF UNTUK PEMBELAJARAN MENARIK

@ 2017-04-06

LCD PROYEKTOR, MEDIA ALTERNATIF UNTUK PEMBELAJARAN MENARIK

Denyut dunia pendidikan yang semakin hari semakin cepat, tak pelak lagi menggugah sekolah sebagai lembaga formal yang secara langsung sangat dominan turut mewarnai pendidikan disetiap aspeknya untuk tanggap dan segera berbenah diri menyikapinya.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa (atau "murid") di bawah pengawasan guru (Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas).Keberadaan guru dan murid sebagai dua komponen penting dalam sebuah sekolah jika berpadu sinergis dalam proses belajar mengajar akan mampumelahirkan output yang berkualitas.

Dalam Undang-undang No. 14 tahun 2005 dikatakan bahwa “Guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.” Kapasitas guru sebagai sosok yang memiliki kewenangan mutlak dalam suatu proses belajar mengajar menuntutnya untuk senantiasa menemukan cara, metode dan teknik dalam pengajaran yang ia lakukan dan kemudian menerapkannya dalam kondisi kelas riil yang dihadapinya.

Pemakaian media pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan membawa pengaruh perubahan psikologis-psikologis siwa. Media pembelajaran dapat juga membantu meningkatkan pemahaman konsep (Azhar Arsyad, 2007 hal 15).

Era perkembangan zaman dewasa ini yang melaju demikian cepat diiringi perkembangan teknologi tanpa mampu terbendung lagi telah merembes ke semua aspek kehidupan termasuk dunia pendidikan. Fenomena ini mau tidak mau harus direspon oleh para guru dengan sikap positif.Proses belajar mengajar yang selama ini terjadi secara konvensional di dalam kelas sudah seharusnya ditinjau kembali. Sekolah sebagai sebuah institusi terdepan dalam membentuk generasi pelanjut bangsa ini seharusnya menjadi pihak pertama yang memanfaatkan kemajuan teknologi ini.

Atmosfir yang tercipta di dalam kelas selama ini dirasakan sangat monoton dan membosankan ketika metode yang digunakan hanya mengandalkan catatan, papan tulis dan suara guru. Siswa membutuhkan suasana baru yanglebih berwarna dan menantang untuk merangsang minat dan potensi diri mereka agar menjadi lebih teraktualisasi.

LCD Proyektor sebagai salah satu alternative

Proyektor LCD adalah perangkat alat bantu yang sering digunakan untuk media presentasi, atau alat bantu mengajar di kelas karena mampu menampilkan gambar dengan ukuran besar. Alat ini bisa juga diartikan sebagai alat bantu mengajar tatap muka sejati sebab tata letak ruang kelas tetap seperti biasa, tidak ada yang berubah. Guru tetap dapat bertatap muka dengan siswa tanpa harus membelakanginya.Seorang guru hanya perlu menayangkan materi yang telah dibuat sedemikian rupa di komputer dan diproyeksikan di layar. Hal ini akan sangat menarik karena tayangan gambar (picture), warna (colours) dan gerak (animated) akan sangat bervariasi.

Siswa tidak perlu lagi dipaksa menatap papan putih yang penuh dengan tulisan guru dan kadang jauh dari nilai indah. Lengah sedikit saja, kemungkinan siswa akan kehilangan penjelasan guru yang tidak terwakili oleh coretan guru di papan tulis.

Manfaat lain yang dapat diperoleh antara lain;

1. Memberikan pengalaman baru bagi siswa sehingga minat belajar makin tumbuh.

Kegiatan belajar siswa sehari-sehari dengan pola mendengar dan mencatatsedikit demi sedikit bergeser. Siswa seolah diberikan pemahaman bahwa kegiatan belajar dapat dilakukan dengan metode yang lain dan justru lebih menarik karena disertai tayangan gambar yang terkesan lebih hidup.

2. Penyampaian pesan jadi lebih jelas

Ketika guru hanya menyampaikan materi dengan serentetan kalimat demi kalimat, beberapa perkataan tersebut tidak mampu tertangkap dengan jelasoleh memori sang anak. Akan tetapi ketika penjelasan tersebut disertai dengan gambar, symbol dan animasi atau bahkan dengan bunyi musik, maka verbal yang abstrak dapat dengan jelas dipahami.

3. Guru dapat memvisualisasikan materi dengan jelas.

Beberapa mata pelajaran tertentu membutuhkan gambaran yang lebih konkrit untuk mnghindari misunderstanding terhadap siswa itu sendiri. Dalam pembelajaran TIK misalnya, ketika guru menjelaskan komponen-komponen mainboard, sangat dibutuhkan visualisasi secara mendetail dan mendekati nyata. Tayangan gambar melalui LCD akan mengantar pemahaman siswa menjadi lebih jelas.

4. Menumbuhkan sikap pro aktif siswa dalam belajar.

Pemandangan guru yang berdiri di depan kelas sambil menjelaskan sementara siswa duduk diam di bangkunya masing-masing tanpa disadari menohok siswa untuk diam mematung, menyimak dan memperhatikan setiap kata yang diucapkan guru.

Dengan tayangan gambar melalui LCD, kasus tersebut dapat tereliminir. Siswa hanya membutuhkan waktu singkat untuk memperhatikan materi, kemudian akan nampak jika ada tayangan yang kurang jelas hingga kemudianmemunculkan pertanyaan dari siswa tanpa disadari.Guru dengan tanggung jawabnya sebagai pendidik yang memiliki kepribadian sejati yang ditunjang oleh visi dan misi yang ideal tentunya tidak akan mengabaikan hal-hal yang positif demi kemajuan peserta didiknya. Jadi, kenapa tidak mencoba memulainya dari sekarang?

Oleh TITI HARYATI ABBAS